DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBELAJARAN COOVERATIVE LEARNING DENGAN MODEL LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS XI MA NW LENEK LAUQ 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
RAEHATUL JANNAH, SITI
Subject
Strategi Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-01 07:31:53 
Abstract :
SITI RAEHATUL JANNAH. NPM.14350006. Pengaruh Pembelajaran Cooverative Learning Dengan Model Listening Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI MA NW Lenek Lauq 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Listening Team terhadap hasil belajar sejarah Indonesia kelas XI MA NW Lenek Lauq tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS sebagai kelas eksperimen dan XI BAHASA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Listening Team lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metodep embelajaran konvensional. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel yaitu(2,939> 1,088) pada taraf signifikansi untuk 0,05. Karena thitung lebih besar atau samadengan ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh metode pembelajaran cooverative learning tife listening team terhadap hasil belajar siswa materi kolonialisme dan imprealisme barat pada siswa kelas XI MA NW Lenek Lauq tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Penelitian Eksperimen, Listening Team, Hasil Belajar 

File :
SKRIPSI_.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi