Abstract :
Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan dengan sengaja dan sistematis
untuk memotivasi, membina, membantu, serta membimbing seseorang untuk
mengembangkan segala potensinya dan mampu mencapai kualitas diri yang
lebih baik untuk itu seorang guru harus memilih beberapa metode
pembelajaran yang nantinya akan mampu mencapai tujuan pendidikan. Tujuan
penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran
cooperative learning tipe Think pair share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas IV Materi Pokok Keteramiplan Membaca Intensif. Penelitian ini
merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain penelitian One Group
Pretest-posttes desigen dengan jumlah sampel sebanyak 33. Analisis data di uji
dengan menggunakan T-test Pairet tes untuk mengetahui Pengaruh
Penggunaan metode pembelajaran Cooperetif tipe Think Pair Share (TPS)
Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 6 Rensing Tahun pelajaran 2019/2020.
Hasil perhitungan yang dibuktikan dengan hasil hitung pada uji t kelompok
pre-test dan post-test sebesar 10.245 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,036. Jadi
dapat disimpulkan bahwa, metode pembelajaran Cooperatif Tipe Think Pair
Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang
di lakukan di SDN 6 Rensing Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok
Timur Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci :Pembelajaran Cooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Hasil
Belajar Siswa