Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran guide note taking (GNT) terhadap motivasi dan
hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. NW Mengkuru
pokok bahasan operasi bilangan bulat tahun pelajaran
2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
MTs. NW Mengkuru. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain
posttest-only control design. Kelas VII A sebagai kelas
eksperimen, sedangkan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang
dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket dan test hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data
diperoleh nilai rata-rata data motivasi siswa untuk kelompok
eksperimen 55,90 dan kelompok kontrol nilai rata-rata 50,90.
Sedangkan untuk data hasil belajar diperoleh nilai rata-rata
kelompok eksperimen 65,90 dan kelompok control 55,90. Data
dianalisis menggunakan uji-t. umtuk uji hipotesis hasil belajar
diperoleh thitung > ttabel, yaiu 2,32 > 1,672. Hal ini berarti, bahwa
hipotesis yang diajukan di terima ( Ho ditolak Ha diterima).
Maka dikatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan
model pengaruh model guide note taking(GNT) dalam
meningkatkan hasil belajar matematika siswa pokok bahasan
operasi bilangan bulat pada siswa kelas vii mts. nw
mengkuru tahun pelajaran 2018/2019
Kata Kunci: guide note taking(GNT, hasil belajar siswa.