Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif
penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap
kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri siswa pada pokok
bahasan sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII di MTs NW
Ijobalit Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode
eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs
NW Ijobalit Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling tipe purposive
sampling. Kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VIIIB sebagai
kelas kontrol. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah
nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
kemampuan komunikasi matematis dan angket kepercayaan diri. Data dianalisis
menggunakan uji-t satu pihak, hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung ttabel
yaitu untuk hasil hipotesis tes kemampuan komunikasi matematis diperoleh thitung
= 3,04 dengan ttabel = 1,68, adapun untuk hasil hipotesis angket keprcayaan diri
diperoleh thitung = 2,71 dengan ttabel = 1,68. Karena hasil thitung > ttabel maka “Haâ€
diterima dan “Ho†ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang positif penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri siswa kelas
VIII MTs NW Ijobalit tahun pelajaran 2019/2020.
Kata kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan
Komunikasi Matematis, dan Kepercayaan Diri.