Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
contextual teaching and learning terhadap prestasi belajar matematika dan self
confidence siswa kelas VIII di MTs. NW Korleko tahun pelajaran 2018/2019. Jenis
penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII di MTs. NW Korleko tahun pelajaran 2018/2019. Sampel
penelitian ditentukan dengan teknik Simple Random sampling. Dimana kelas VIII A
sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Rancangan
penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Grup Design. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket self confidence dan tes hasil belajar
matematika siswa. Data dianalisis menggunakan uji t-test Polled Varians. Hasil
hipotesis pertama menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (4,0758 > 1,70113) yang
berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada
pengaruh pembelajaran dengan model pembelajaran contextual teaching and learning
terhadap self confidence siswa dalam pokok bahasan pola bilangan kelas VIII di MTs.
NW Korleko tahun pelajaran 2018/2019â€. Hasil hipotesis kedua menunjukkan bahwa
thitung > ttabel yaitu (4,1683 > 1,70113) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima,
Sedangkan hasil hipotesis menggunakan uji MANOVA dengan harga F sebesar 1,411
signifikansi 0,024 < 0,05 untuk posttest, sedangkan harga F sebesar 2,106 dengan
signifikansi 0,015 < 0,05 untuk self confidence. sehingga dapat disimpulkan bahwa
“Ada pengaruh pembelajaran dengan model pembelajaran contextual teaching and
learning terhadap prestasi belajar matematika siswa dalam pokok bahasan pola
bilangan kelas VIII di MTs. NW Korleko tahun pelajaran 2018/2019â€.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Prestasi
Belajar Matematika dan Self Confidence Siswa