Abstract :
Nini Sri Handani (15210022). 2019. Efektivitas Pendekatan Realistic
Mathematic Education (RME) Terhadap Kecerdasan Emosional
dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs NW Perigi.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas
Hamzanwadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan
Realistic Mathematic Eduction (RME) terhadap kecerdasan emosional dan hasil
belajar matematika siswa MTs. NW Perigi tahun pelajaran 2019/2020. Jenis
penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII MTs NW Perigi tahun pelajaran 2019/2020. Sampel
penelitian ditentukan dengan simple random sampling. Kelas VIII A sebagai
kelompok eksperimen, sedangkan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Control-group post test only
desaign. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kecerdasan emosional
dan tes hasil belajar matematika siswa. Data dianalisis menggunakan uji t-test.
Hasil hipotesis kecerdasan emosional menunjukkan bahwa > yaitu
(1,990 > 1,701) dan hipotesis hasil belajar matematika siswa ditunjukkan bahwa
> yaitu (2,61 > 1,701) yang berarti ditolak dan diterima,
sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Realistic Mathematic
Education (RME) efektif terhadap kecerdasan emosional dan hasil belajar
matematika siswa kelas VIII MTs NW Perigi tahun pelajaran 2019/2020.
Kata kunci: Realistic Mathematic Eduction (RME), kecerdasan emosional, hasil
belajar matematika siswa.