Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Numbered
Heads Together (NHT) dengan pendekatan saintifik terhadap self-confidance dan
hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Batukliang tahun pembelajaran 2018/2019.
Jenis pnelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen
semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP
Negeri 2 Batukliang tahun pembelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan
dengan teknik simple random sampling. Kelas A sebagai kelas ekperimen dan
kelas B sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah
Factorial. Teknik pengupulan data yang digunakan adalah anget self-confidance
dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil pengujian
hipotesis I menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 14,086 ≥ 2,78 yang berarti
bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signitifikan dalam penggunaan model pembelajaran Numbered
Heads Together (NHT) dengan pendekatan saintifik terhadap self-confidance dan
hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Batukliang tahun pembelajaran 2018/2019.
Kata kunci: model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan
pendekatan saintifik, self-confidance, hasil belajar.