Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) dengan pendekatan
kontekstual pada siswa kelas VIII MTs Sakinatul Walidain NW Borok Gerung
tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen
semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Sakinatul
Walidain NW Borok Gerung tahun Pembelajaran 2019/2020. Sampel penelitian
ditentukan dengan teknik sampeling jenuh. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen,
sedangkan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Raancangan penelitian yang
digunakan adalah The Nonequivalent Pre-test-Post-test Control Grup Design.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis
dan angket self-confidence siswa. Data dianalisis menggunakan uji t-test. Hasil
hipotesis kemampuan komunikasi matematis menunjukkan bahwa thitung > ttabel
yaitu (3,259 > 1,684) dan hasil hipotesis angket self-confidence menunjukkan
bahwa thitung > ttabel yaitu (7,5 > 1,684) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima,
sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran
Meaningful Instructional Design (MID) dengan pendekatan kontekstual terhadap
kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa kelas VIII MTs
Sakinatul Walidain NW Borok Gerung tahun pelajaran 2019/2020.
Kata kunci: Meaningful Instructional Design (MID), Pendekatan Kontekstual,
Komunikasi Matematis, Self-Confidence.