DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VIII MTS SAKINATUL WALIDAIN NW BOROK GERUNG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HIDAYAH, ZUHRIYATUL
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-18 07:39:27 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIII MTs Sakinatul Walidain NW Borok Gerung tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Sakinatul Walidain NW Borok Gerung tahun Pembelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampeling jenuh. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Raancangan penelitian yang digunakan adalah The Nonequivalent Pre-test-Post-test Control Grup Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-confidence siswa. Data dianalisis menggunakan uji t-test. Hasil hipotesis kemampuan komunikasi matematis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (3,259 > 1,684) dan hasil hipotesis angket self-confidence menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (7,5 > 1,684) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa kelas VIII MTs Sakinatul Walidain NW Borok Gerung tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Meaningful Instructional Design (MID), Pendekatan Kontekstual, Komunikasi Matematis, Self-Confidence. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi