Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi realistic
mathematic education dan role playing terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas III SDN 01 Danger tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test design .
Subjek penelitian ini ialah siswa kelas III berjumlah 18 orang.Teknik analisis
data menggunakan uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis dengan uji-t
Hasil penelitian, uji normalitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol
yang hasilnya, pada masing-masing kelas baik itu kelas kontro lmaupun kelas
eksperimen didapati kesimpulan bahwa Fhitung < Ftabel (0.15 < 0.2 ) yang berarti
data berdistrbusi normal. Uji homogenitas dengan taraf signifikansi α = 5 % ,
disimpulkan F hitung < Ftabel ( 1.28 < 2.101) berarti dua kelompok memiliki
varian yang sama atau homogen. Sedangkan, hasil post-test kelas eksperimen dan
kontrol diuji melalui uji “t†ditemukan nilai dk = n1 + n2 -2 = 18 + 18 – 2 = 34,
serta taraf signifikansi 5 % diperoleh thitung = 2.85 > ttabel = 1.69, sehingga dapat
disimpulkan bahwa Ha diterima. Dengan hasil tersebut menandakan bahwa
adanya pengaruh kolaborasi realistic mathematic education dan role palying
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 01 Danger tahun ajaran
2018/2019
KataKunci : Realistic Mathematic Education ,Role Playing, Hasil Belajar.