Abstract :
ABSTRAK
Pengembangan Media GRAGMET Brbasis Discovery Learning
Terintegrasi Lesson Study Pada Kelas V MI NW Selong Pelajaran 2017/2018.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D)
atau penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan
Borg and Gall yang telah disederhanakan. Berdasarkan hasil validasi, diperoleh
hasil validasi materi dengan nilai 45 > 42,06 kategori “Sangat baikâ€, hasil
validasi ahli tampilan dengan nilai 32 > 29,46 kategori “sangat baikâ€. Adapun
hasil uji coba produk terhadap siswa kelas V MI NW Selong terdiri dari 20 orang
siswa, respon siswa pada uji coba lapangan dengan nilai (74,98> 1444 ≥ 72,2)
kategori “tinggiâ€. Hasil analisis dengan rumus persentase yaitu diperoleh 2 orang
dengan kategori “sangat tinggi†dengan persentase 10%, 15 orang dengan kategori
“tinggi†dengan hasil persentase 75 %, 1 orang dengan kategori “rendah†dengan
persentase 5% dan 2 orang dengan kategori “sangat rendah†dengan persentase
10%.
Kata Kunci: Media GRAGMED, Discovery Learning, Lesson Study, Sains, R&D,
Borg & Gall.