Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran
Dramatic Learning Terhadap Kemampuan Berbicara Melalui Dongeng Pada Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 7 Rumbbuk TP.2017/2018. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian
menggunakan posttestonly control design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas V semester genap SDN 7 Rumbuk Tahun Pelajaran
2017/2018 yang terdiri dari 17 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi untuk mengetahui kemampuan berbicara melalui dongeng siswa yang
menggunakan model dramatic learning. Sebelum data dianalisis, instrumen diuji
validitas dan reabilitasnya. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan analisis
hasil pretest dan posttes. Hasil tes pada pretest mencapai rata-rata 58 atau berada
pada kategori cukup. Kemudian pada saat posttes rata-rata meningkat menjadi 75
dengan kategori baik. Peningkatan yang terjadi dalam kemampuan berbicara dari
pretest ke- posttest menunjukkan peningkatan sebesar 14,70 atau sekitar 25,39%.
Untuk uji prayarat data dilakukan dengan uji normalitas data dengan chi-kuadrat
sedangkan teknik uji hipotesis menggunakan analisis uji t-test. Untuk hasil uji
hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,052 >2,037. Hal ini berarti bahwa hipotesis
yang diterima yaitu ada pengaruh signifikan pada penerapan model pembelajaran
dramatic learning terhadap kemempuan berbicara melalui dongeng siswa kelas V
SDN 7 Rumbuk Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: dramatic learning, kemampuan berbicara