Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komparasi Model Pembelajaran
Teaching Factory Dengan Project Based Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil
Belajar Siswa Kelas XI Multimedia Pada Pembelajaran Animasi 2D dan 3D
SMKN 1 Janapria Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Quasi Experimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI Multimedia SMKN 1 Janapria. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik claster sampling. Kelas XI Multimedia-A sebagai kelas
eksperimen I sedangkan kelas XI Multimedia-B sebagai kelas eksperimen II.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group
Desain. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil
belajar. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan metode Paired
Sample T Test. Hasil hipotesis untuk keaktifan belajar menunjukan bahwa thitung <
ttabel (0,074 < 2,04) dan nilai Sig. (2-tailed) > 0,05 (0,941 > 0,05) maka H0
diterima dan Ha ditolak, sedangkan untuk hasil belajar thitung < ttabel (482 < 2,04)
dan nilai Sig. (2-tailed) > 0,05 (0,634 > 0,05) maka H0 diterima dan Ha ditolak,
sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan keaktifan dan hasil belajar
siswa menggunakan model pembelajaran Teaching Factory dengan Project Based
Learning pada siswa kelas XI Multimedia pembelajaran Animasi 2D dan 3D
SMKN 1 Janapria Tahun Ajaran 2019/2020.
Kata Kunci : Teaching Factory, Project Based Learning, Keaktifan, Hasil
Belajar