Abstract :
ABSTRAK
BAIQ LILI SUHARYATI. (2017). Pengaruh Model Kooperatif Tipe
Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV SDN 5 Sakra Tahun Pelajaran
2017/2018. Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
(PGSD) Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Hamzanwadi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperaif Tipe Everyone Is A Teacher Here Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SDN 5 Sakra Tahun Pelajaran
2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dengan model True- Eksperimental Design, model One Group Pretest Posttest. Sampel yang
digunakan adalah kelas IV sebanyak 42 siswa yang terbagi menjadi dua kelas,
kelas IV-A digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B digunakan
sebagai kontrol. Data yang diperlukan diperoleh dari tes hasil belajar siswa. Tes
sebelumnya Tes sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji
reliabilitas sehingga dapat digunakan untuk mengukur hasil belajar IPS
siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan 5% = 0,05 , didapatkan
thitung > ttabel yaitu 1,877 > 1,721, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil
belajar IPS siswa.
Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar