Abstract :
ABSTRAK
Ema Rozalia. (2017). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik
Menggunakan Media Tekijam Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok
Bahasan Pengukuran Waktu Pada Siswa Kelas II SDN 1 Pijot Tahun
Pembelajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar (PGSD). FKIP Universitas Hamzanwadi Selong. Pancor.
2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan
matematika realistik menggunakan media tekijam terhadap hasil belajar
matematika pokok bahasan pengukuran waktu pada kelas II SDN 1 Pijot Tahun
Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
dengan rancangan one group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan
adalah tes hasil belajar yaitu soal essay. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas II A yang berjumlah 20 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh data pre-test
dengan nilai rata-rata 55,00 dan pada data post-tes diperoleh rata-rata 70,00.
Berdasarkan hasil pengujian analisis regresi linier sederhana, yaitu rhitung ≤ rtabel
yaitu 3,26 ≤ 4,41 dan didapatkan harga nilai koefisien determinasi (R2
) adalah
0,7518. Hal ini berarti bahwa sebesar 75,18% peningkatan hasil belajar
matematika dipengaruhi oleh pendekatan matematika realistik menggunakan
media tekijam dan sisanya 24,82% merupakan paktor lain. Artinya, pendekatan
matematika realistik berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN
1 Pijot Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Kata Kunci : pendekatan matematika realistik menggunakan media tekijam,
hasil belajar