Abstract :
ABSTRAK
Heli Isniati : Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap
Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN
3 Sikur Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Hamzanwadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
probing prompting terhadap motivasi belajar IPS dilaksanakan di SDN 3 Sikur
Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain
penelitian yaitu True-experimental desain bentuk posttest-only control design.
Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV yang berjumlah 49 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan dianalis
dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan untuk uji hipotesis
menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data untuk hasil uji normalitas angket
motivasi kelas eksperimen hitung
2 ï£ =6,381 < tabel
2 ï£ = 9,488, untuk kelas kontrol
hitung
2 ï£ =3,409 < tabel
2 ï£ = 9,488. Sedangkan untuk hasil uji homogenitas angket
motivasi didapat hasil Fhitung = 1,51 < Ftabel = 2,00. Dari kedua hasil menunjukkan
bahwa kedua sampel tersebut berdistribusi normal dan homogen, sedangkan
untuk uji hipotesis angket motivasi didapat hasil thitung 4,13 dan t-tabel 2,01. Karena
t-hitung > t-tabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikan dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran probing prompting mempunyai pengaruh
terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 3 Sikur Tahun Pelajaran
2017/2018.
Kata Kunci: Model Probing Prompting, Motivasi Belajar.