Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based
learning (PBL) terhadap penanaman karakter dan hasil belajar matematika siswa
kelas V MI NW Dasan Lekong tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini
adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group
design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A dan B. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket dan tes. Data dianalisis menggunakan skala 4 dan uji-t
rumus polled varian . Hasil hipotesis angket siswa pada kelas eksperimen, yaitu
“baikâ€, dengan rata-rata jumlah skor siswa 48 (54,48 > X ≥ 48,00) sedangkan
pada kelas kontrol, yaitu “kurang â€, dengan rata-rata jumlah skor siswa 40 (40,05
> X ≥ 37,80) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem
based learning terhadap penanaman karakter siswa kelas V MI NW Dasan
Lekong tahun pelajaran 2017/2018 dan hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung >
ttabel yaitu (8,13 > 2,02) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas V MI NW Dasan Lekong tahun pelajaran
2017/2018.
Kata kunci: model problem based learning, penanaman karakter dan hasil
belajar.