Abstract :
ABSTRAK
MARDI MAYA AZLINA. 2017. Pengembangan Media pembelajaran bahasa
melalui stiker bergambar kartun terhadap kemampuan membaca permulaan
siswa Kelas 1 SDN 3 Sakra. Skripsi. Program studi pendidikan sekolah dasar.
Jurusan ilmu pendidikan. Stkip hamzanwadi selong. Pembimbing: 1)
Padlurrahman, M.Pd dan 2) Saprudin Jauhari, M.Pd.
Kata kunci: pengembangan, media stiker bergambar kartun, menulis
Pengembangan media pada penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
media pembelajaran Bahasa Indonesia berbentuk stiker pada materi membaca
permulaan kelas 1 SDN 3 Sakra tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang
digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall. Model pengembangan ini
terdiri dari 10 siklus namun dalam pelaksanaannya disederhanakan menjadi 5
tahap yaitu analisis kebutuhan, desain dan planing (perencanaan), validasi, uji
coba lapangan, dan revisi uji coba produk. Pemilihan Borg and Gall ini
didasarkan pada alasan sangat cocok untuk pengembangan media pembelajaran
dan memiliki siklus yang lebih sederhana.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan
pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan
pembelajaran membaca permulaan menggunakan media stiker bergambar kartun
untuk meningkatkan kemampuan membaca. (2) Melalui siklus tindakan
pembelajaran membaca terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok
penggunaan pembelajaran menggunakan media stiker bergambarkartun adalah
untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Oleh sebab itu guru
sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang medukung
terciptanya pembelajaran yang menarik. (2) Guru masih perlu penelitian terus
menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran membaca menngunakan
media stiker bergambar kartun dapat meningkatkan kemampuan membaca
permulaan untuk anak usia dini.