Abstract :
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas
belajar PKn siswa kelas III SDN 5 Montong Betok melalui metode pembelajaran
aktif LSQ (Learning Start With A Question)â€. (2) Untuk mengetahui peningkatan
hasil belajar PKn pada siswa kelas III SDN 5 Montong Betok melalui model
pembelajaran aktif LSQ (Learning Start With A Question)â€. model yang di
gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dimana
penelitian dapat di laksanakan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus di peroleh data
kualitatif berupa aktivitas siswa sedangkan data kuantitatif yaitu tes hasil belajar
siswa. Hasil penelitian ini yang ada pada siklus I nilai rata-rata 68,05 dan siklus II
nilai rata-rata 78,6 berarti nilai rata-rata pada siklus II dapat mengalami
peningkatan. Dengan demikian ketuntasan belajar yang dicapai adalah 77,77%
sehingga hasil yang diperoleh ini sudah mencapai ketuntasan belajar sesuai
dengan kriteria yang ditentukan 75%. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan
Kelas yang telahdilaksanakandalamduasiklus yang berkelanjutan dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif Learning Start With A
Question dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 5 Montong Betok
pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Norma Yang Berlaku Di Masyarakat.
Kata kunci: Hasil Belajar, PKn, Learning Start With A Question