DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS VIIISMPN 3 SELONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HARIANTI, NITA
Subject
Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 
Datestamp
2021-08-25 06:24:35 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif kedua kelompok. Kemampuan awal kognitif ini dibutuhkan untuk dapat digunakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.Tes kedua bertujuan untuk mengukur prestasi atau hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, dan Review). Adapun hasil dari penelitian ini,antara lain: (1) pendekatan tugas membaca teks dapat membuat peserta didik lebih percaya diri, (2) membantu konsentrasi pesertadidik, (3) membantu pesertadidikmemfokuskanbagian – bagianyangtersulitdalammembaca, (4) melatihmemberikan jawabankepadapeserta didik dalam bentuk pertanyaan– pertanyaan tentang materi, (5) membantu mempersiapkan catatan dalam bentuk tanya jawab. Kata Kunci : keterampilan membaca, SQ3R, hasil belajar. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi