Institusion
IAIN Surakarta
Author
Sri, Hidayati Mukaromah
Dr., Imam Mujahid, S.Ag, M.Pd
Subject
370 Education
Datestamp
2017-11-02 04:53:10
Abstract :
Manajemen Networking dalam Pembentukan Guru Profesional
Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gantiwarno Klaten
Tahun 2017
Sri Hidayati Mukaromah
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan memperoleh informasi
tentang manajemen networking dalam pembentukan guru profesional di MTs
Negeri Gantiwarno Klaten. Menganalisis hambatan dan solusi manajemen
networking dalam pembentukan guru profesional. Menurut Zog hubungan kerja
dengan saling memberikan informasi memiliki kontribusi yang besar sebanyak
25% berkaitan dengan pembentukan mutu
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Seting
penelitian di MTs Negeri Gantiwarno. Subyek penelitian adalah kepala Madrasah
Tsanawiyah Negeri Gantiwarno.Informan, Waka Kurikulum, para guru di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Gantiwarno, dan juga pengawas.Instrumen
Penelitian peneliti..Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumen. Analisa data menggunakan trianggulasi dengan teknis
pengumpulan data, penyajian data, reduksi dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitianini mengungkap tentang terpeliharanya jaringan kerja yang
baik ditinjau dari pembentukan guru profesional di MTs Negeri Gantiwarno
Klaten tahun 2017 dapat dideskripsi dengan mencermati: (1) Perencanaan
(Planing) yang baik akan memberikan peningkatan profesionalisme guru, (2)
Pengorganisasian (Organizing). , Penggerakan (Actuating), Pengawasan
(Controlling).Menggali potensi kepala madrasah dalam pembentukan para guru
profesional agar tangguh dalam menghadapi segala tantangan kondisi dan situasi
yang akan tetap membawa kualitas pendidikan di madrasah. Salah satu cara yang
dilakukan adalah pembentukan jaringan kerja antara sesama guru mapel, sesama
madrasah, dengan kementrian Agama bahkan lintas kedinasan yang ada. Dengan
berbagai interaksi sesama jaringan kerja tersebut ada nilai tambah bagi para guru
di madrasah terutama para guru PAI.
Kata Kunci: Manajemen, Networking, Guru Profesional, Madrasah.
iii
Networking Management in Creating Professional Teacher at MTsN
Gantiwarno Klaten in 2017
Sri Hidayati Mukaromah
ABSTRACT
This research aims is toanalisis and to gain information on networking
management of professional teachers’ establishment at MTsNGantiwarno Klaten.
As a networking according Zogs contributes 25% in the power and the
development of a nation therefore teachers should build mutual relationship and
share information between them.
This research was descriptive qualitative research. This research was
conducted at MTsN Gantiwarno Klaten. Subject of this research was the Principal
of MTsN Gantiwarno. Informants were vice chairman of curriculum, teachers, and
supervisors. Instruments of this research were recording, interview and
observation. Method of collecting data used observation, interview and document.
Technique of data analysis applied triangulation including data collection, data
display, reduction and conclusion.
The result of the research will show that well maintained networking seen
from professional teachers’ establishment at MTsN Gantiwarno Klaten of
2016/2017 academic year can be described based on: (1) Planning;. (2)
Organizing; (3) Actuating and (4) controlling. Those 4 aspects will raise the
quality of the teachers.The teachers’ capacity should be dug out to make them
possess courages and high self-esteemsin facing the hurdling and difficulties in
educational world.And they bring the Islamic school to very high quality.One of
the actions we as educational agents can do is to establish networking between
teachers at same subject, Islamic school, and ministry of religion. Furthermore
inter institutions networking is such probability to take.Networking interaction
contributes additional value for teachers at Islamic school, mainly Islamic
educational teachers.
Key word: Management, Networking, Qualified teachers, Islamic school
.
iv
الغرض من هذه الدراسة هو تØديد ما من إدارةالشبكاتإنشاءالمعلم المØتر٠Ùيالمدرسة
المتوسطة الØكومية غانتيوارنوكلاطن .
سري هداية مكرمة
الملخص
أما النوع هذاالبØØ« هو البØØ« الكيÙÙŠ الوصÙÙŠ. واقيم بالمدرسةالمتوسطة الØكومية
غانتيوارنوكلاطن. Ùˆ موضوع البØØ« ÙÙŠ هذا الإستقراء Ùهو مدير المدرسةواالمخبر ÙÙ‰ هذا البØØ« Ùهم
وكيل المدير الذي اهتم الشؤون الدراسي Ùˆ المتعلمون ÙيهاوأيضاالمشرÙ.واما الطريقة التى سار عليها
الباØØ« للوصول على المواد المØتاجة ÙÙ‰ كتابة هذا البØØ« Ùهن المراقبة Ùˆ المØاورة والطريقة
الوثيقة.ولتصØÙŠØ ØªÙ„Ùƒ المواد باستخدام منهاج التثليث عن المواد والمخبر Ùˆ . استخدم الباØØ« شكل
الØ