Institusion
IAIN Surakarta
Author
Aprilia, Chorinawati
H., Moh. Mahbub, S.Ag. M.Si.
Subject
2x0 Islam Umum
Datestamp
2017-12-27 05:36:10
Abstract :
ABSTRAK
Aprilia Chorinawati, 2017, Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Sosial
Pada Santri TPQ Roudhotul Qur’an Desa Cepoko Panekan Magetan Tahun
2016/2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta.
Pembimbing : H. Moh. Mahbub, S. Ag., M.Si.
Kata Kunci : Implementasi Pendidikan Karakter, Kepedulian Sosial
Masalah dalam penelitian ini adalah pendidikan karakter merupakan hal
yang penting dalam membentuk karakter baik pada anak. Karakter yang baik akan
tertanam pada anak melalui pengenalan dan pembiasaan yang didapatkan oleh
anak sejak usia dini, karena karakter tidak datang dengan sendirinya, melainkan
harus dibentuk dan ditumbuh kembangkan. Pendidikan karakter yang didapatkan
santri TPQ Roudhotul Qur’an dalam nilai kepedulian sosial, ditanamkan melalui
pembiasaan dan pengenalan pada santri mengenai kepedulian antar sesama
sehingga tertanam karakter kepedulian sosial yang baik pada diri anak. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter
kepedulian sosial pada santri TPQ Roudhotul Qur’an desa Cepoko Panekan
Magetan
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif.
Setting penelitian di TPQ Roudhotul Qur’an Desa Cepoko Panekan Magetan,
pada bulan Mei 2017 sampai dengan Juli 2017. Subyek penelitian ini adalah
ustadz/ustadzah dan santri TPQ Roudhotul Qur’an dan didukung informan
penelitian yaitu Pimpinan TPQ dan wali santri. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang sudah
terkumpul diperiksa dengan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi
dengan teknik, selanjutnya dianalisis menggunakan pengumpulan data, reduksi
data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan penanaman
dan pembentukan pendidikan karakter di TPQ Roudhotul Qur’an melalui 3 tahap
yaitu : 1. Moral Knowing, yang menjadi tahap awal dalam memberikan
pengetahuan mengenai karakter-karakter yang baik, yang mencakup pemberian
pengetahuan dalam penanaman karakter pada anak. 2. Moral Feeling, merupakan
tahapan penguatan yang berkaitan dengan perasaan yang dimiliki santri, yang
terlihat dari respons atau tanggapan santri terhadap pembiasaan Infaq dan kegiatan
sosia. 3. Moral Action, merupakan tahap terakhir yang terlihat dari perilaku dan
sikap yang dimiliki santri dalam mengikuti kegiatan sosial maupun dalam
menerapkan karakter yang baik di kehidupan sehari-hari.