Institusion
IAIN Surakarta
Author
Aprilia, Hasanah
Ari, Wibowo,S,Si, M.Pd, M.Si
Subject
2x0 Islam Umum
Datestamp
2017-12-27 05:36:14
Abstract :
ABSTRAK
Aprilia Hasanah (133.111.214) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran
Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Program IPS Mapel Fiqh di MAN 1
Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta.
Kata Kunci : Motivasi Belajar Fiqh
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar Fiqh di
MAN 1 Surakarta yaitu meliputi siswa yang malas belajar ketika pembelajaran
Fiqh berlangsung, kurangnya respon siswa terhadap pelajaran Fiqh ketika sedang
melakukan kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1)
mendiskripsikan penggunaan metode pembelajaran untuk siswa kelas XI program
IPS di MAN 1 Surakarta. 2) mendiskripsikan motivasi belajar siswa dalam
menggunakan metode pembelajaran yang menggunakan alat bantu. 3) mengetahui
pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas
XI program IPS di MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.
Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang dilakukan di
MAN 1 Surakarta pada bulan April s/d Juni 2017. Populasi meliputi seluruh
siswa kelas XI program IPS di MAN 1 Surakarta berjumlah 121 siswa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Metode
pengumpulan data berupa angket. Uji coba instrumen kenakalan remaja
menghasilkan 38 butir valid dan 7 butir tidak valid. Uji homogenitas motivasi
belajar Fiqh sebesar 0,890 dengan taraf kesalahan 5%. Karena uji homogenitas
lebih dari 0,05 maka data tersebut dapat disimpulkan berasal dari populasi yang
homogen.Uji Hipotesis yang digunakan adalah uji anova 1 jalur dengan hasil nilai
P = 0,0001 < 0,05, maka H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh metode
pembelajaran terhadap motivasi belajar Fiqh siswa kelas XI program IPS di MAN
1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tidak terdapat pengaruh antara
metode pembelajaran ceramah tanpa menggunakan alat bantu terhadap motivasi
belajar siswa kelas XI program IPS pada mata pelajaran Fiqh di MAN 1 Surakarta
Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Berdasarkan hasil uji Anava 1 jalur yang
mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar dengan nilai sig 0,0001 dan taraf
kesalahan 5% maka H0 ditolak. Artinya ada pengaruh antara penggunaan metode
pembelajaran ceramah menggunakan alat bantu terhadap motivasi belajar siswa.
3) Tidak terdapat pengaruh antara metode pembelajaran diskusi tanpa
menggunakan alat bantu terhadap motivasi belajar siswa kelas XI program IPS
pada mata pelajaran Fiqh di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. 4)
Berdasarkan hasil uji Anava 1 jalur yang mempunyai pengaruh terhadap motivasi
belajar dengan nilai sig 0,0001 dan taraf kesalahan 5% maka H0 ditolak. Artinya
ada pengaruh antara penggunaan metode pembelajaran diskusi menggunakan alat
bantu terhadap motivasi belajar siswa kelas XI program IPS pada mata pelajaran
Fiqh di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.