Institusion
IAIN Surakarta
Author
Khamid, Baedhowi
Dr., Fetty Ernawati, S. Psi, M.Pd
Subject
370 Education
Datestamp
2018-01-03 02:36:25
Abstract :
ABSTRAK
Khamid Baedhowi,(123111215). Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Di MTs
Nurul Ikhsan Banjarejo Kecamatan Gabus kabupaten Grobogan
Tahun Ajaran 2016-2017. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta, 2017.
Pembimbing : Dr. Fetty Ernawati, M.Pd.
Kata Kunci : Gaya Kognitif Peserta Didik.
Masalah dalam penelitian ini adalah guru cenderung tidak memperhatikan
gaya kognitif siswa dalam pembelajaran, selain itu ada beberapa metode dan
media pembelajaran yang tidak mengakomodasi gaya kognitif siswa. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui gaya kognitif peserta didik di kelas VIII MTs
Nurul Ikhsan Banjarejo Kecamatan Gabus kabupaten Grobogan tahun ajaran
2016-2017.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan Kuantitatif Deskriftif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTs
Nurul Ikhsan Banjarejo Kecamatan Gabus kabupaten Grobogan tahun ajaran
2016-2017 pada bulan Juli 2016 sampai Desember 2016. Teknik sampling yang
digunakan yakni, Sampling Jenuh dimana keseluruhan Populasi dijadikan sebagai
sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 75 peserta didik. Metode pengumpulan
data dengan angket. Melalui uji coba instrumen diperoleh 46 butir yang valid dari
60 item yang di uji cobakan. Uji reliabilitas diperoleh variabel Gaya Kognitif
dinyatakan reliabel. Data yang terkumpul selanjutnya diuji dengan rumus
Persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kognitif peserta didik kelas VIII
di MTs Nurul Ikhsan Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan tahun
ajaran 2016/2017 memiliki gaya kognitif field dependent sebanyak 47 siswa
(62,67%) dan peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent
sebanyak 28 siswa (37,33%).