Institusion
IAIN Surakarta
Author
Muslimin, Muslimin
Dra. Hj., Noor Alwiyah, M.Pd
Subject
2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
Datestamp
2018-01-03 02:40:16
Abstract :
ABSTRAK
Muslimin, (133111064),2017, Kolaborasi Metode Muri-Q dengan Metode Tatsmur
dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur‟an di Ma‟had Tahfidzul Qur‟an Nur
Chammad Pandeyan Tahun 2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta.
Pembimbing : Dra. Hj. Noor Alwiyah, M.Pd.
Kata Kunci : Metode Muri-Q, Metode Tatsmur, Pembelajaran Menghafal Al-
Qur’an
Masalah dalam penelitian ini adalah dalam menghafal Al-Qur’an diperlukan
metode yang tepat agar tujuan pembelajaran menghafal tercapai. Tetapi masih ada
ustadz/ustadzh yang belum menerapkan metode dengan baik. Metode Tatsmur dan
metode Muri-Q memiliki kelebihan dan kekurangan. Maka untuk menutupi
kekurangan Metode Muri-Q dibutuhkan kelebihan metode Tatsmur begitu juga
sebaliknya. Maka perlu kolaborasi metode Muri-Q dengan metode Tatsmur untuk
mewujudkan pembelajaran menghafal Al-Qur’an yang efektif. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui kolaborasi metode Muri-Q dan metode
Tatsmur dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an di Ma'had Tahfidzul Qur‟an Nur
Chammad Pandeyan tahun 2017.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif yang dilakukan di Ma’had Tahfidzul Qur‟an Nur Chammad Pandeyan
selama bulan Januari sampai Agustus tahun 2017. Subyek penelitian ini adalah Ustadz
Ma’had dan informannya adalah Mudhir dan Santri. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk
mengetahui keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan
metode. Data yang terkumpul dianalisis menggnakan model interaktif melalui tahapan
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini adalah Kolaborasi metode Muri-Q dengan metode Tatsmur
dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an di Ma’had Tahfidzul Qur‟an Nur Chammad
Pandeyan, metode Tatsmur sebagai langkah-langkahnya sedangkan metode Muri-Q
sebagai irama lagunya. Dalam pembelajarannnya memiliki 3 kegiatan, yaitu (1)
Muroja’ah dengan irama Muri-Q, yaitu kegiatan membaca ulang hafalan yang sudah
dihafal dengan irama Muri-Q yang ilakukan secara klasikal, secara kelompok di awal
dan akhir pembelajaran kelompok (2)Talaqqi dengan irama Muri-Q, yaitu kegiatan
menambah materi hafalan baru dengan ustadz memberikan contoh bacaan ayat dengan
irama Muri-Q kemudian santri menirukan. (3) Setoran dengan irama Muri-Q, yaitu
kegiatan membaca hafalan santri di hadapan ustadz dengan menggunakan irama Muri-
Q. setoran ini dilakukan secara harian, insidental dan di akhir tahun.