Institusion
IAIN Surakarta
Author
Neni, Isnawati
H., Shofwan Anwar Abdul Rauf, M.A.
Subject
2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
Datestamp
2018-01-03 02:40:36
Abstract :
ABSTRAK
Neni Isnawati, 2017, Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Hafalan Juz
‘amma di Madin Al-Makmur 2 Banaran kalijambe Sragen Tahun Pelajaran
2016/2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta.
Pembimbing: H. Shofwan Anwar Abdul Rauf, M.A.
Kata Kunci: Metode Drill, Pembelajaran Hafalan Juz „amma.
Pembelajaran hafalan juz „amma ini dianggap sebagai pembelajaran yang
efektif sebagai tahap awal belajar menghafal Al-Qur‟an. Pembelajaran ini dapat
diterapkan pada segala usia, salah satunya adalah diterapkan pada usia anak-anak.
Usia anak-anak memiliki daya ingatan yang kuat meskipun mereka belum bisa
membaca ataupun mengenali huruf hijaiyah. Metode yang dapat digunakan dalam
pembelajaran hafalan pada anak-anak adalah metode drill. Pembelajaran dengan
metode drill ini memberikan pengaruh positif terhadap para santri. Terbukti di
Madin Al-Makmur 2 Bnaran Kalijambe Sragen ini, ketika para santri mengikuti
proses pembelajaran hafalan juz „amma hal ini dapat terlihat ketika dalam
pembelajaran Qur‟an para santri terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran
hafalan. Meskipun mereka masih banyak yang belum bias membaca Al-Qur‟an
maupun mengenal huruf hijaiyah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tempat
penelitian di Madin Al-Makmur 2 Banaran Kalijambe Sragen pada bulan
Desember 2016 sampai bulanj Juli 2017. Subyek penelitian ini adalah
ustadzah,dan santri. Informan penelitian ini adalah kepala Madin Al-Makmur 2
Banaran Kalijambe Sragen. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui kebasahan data
menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan
analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode driil dalam
pembelajaran hafalan juz „amma dilakukan dengan langkah-langkah sebagai
berikut: tahap awal yakni persiapan di mana ustadzah mempersiapkan target
hafalan yang nantinya harus dicapai oleh santri pada masing-masing tingkatan
kelas. Tahap kedua yakni tahapan pelaksanaan pembelajaran hafalan juz „amma
pada masing-masing kelas yang dibimbing langsung oleh ustadz/ustadzah yang
mengajar. Tahap ketiga yakni tahap evaluasi dilakukan pada akhir proses
pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pembelajaran yang
telah dilakukan.