Institusion
IAIN Surakarta
Author
Nova, Aniska Lisma Latri
Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag
Subject
2x4 Fikih
Datestamp
2018-01-03 02:40:43
Abstract :
ABSTRAK
Nova Aniska Lisma Latri, (133111392) Pemanfaatan Media Pembelajaran Tiga
Dimensi Dalam Proses Pembelajaran Fiqih Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 1
Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi program studi Pendidikan Agama
Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta, 2017.
Pembimbing : Hj. Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag.
Kata kunci : Pemanfaatan media tiga dimensi, pembelajaran fiqih.
Pemanfatan media pembelajaran tiga dimensi mempunyai peranan yang
sangat penting, yaitu sebagai media pendukung dan pendampingan proses
pembelajaran fiqih. Berdasarkan fakta yang ditemukan di lapangan siswa lebih
suka pembelajaran dengan menggunakan media dan diadakan praktik serta siswa
juga lebih mudah paham dengan materi yang disampaikan dengan media.
Rumusan masalah : bagaimana pemanfaatan media pembelajaran tiga dimensi
dalam proses pembelajaran fiqih kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Klaten
Tahun Pelajaran 2016/2017?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pemanfaatan media pembelajaran tiga dimensi dalam proses
pembelajaran fiqih kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Klaten.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Klaten pada bulan
februari sampai dengan bulan mei 2017. Subjek dalam penelitian ini adalag guru
fiqih dan siswa, sedangkan informan yaitu kepala sekolah, guru PAI selain fiqih
dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara
dan dokumentasi. Setelah data terkumpul uji keabsahan data dengan
menggunakan teknik triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi
metode. Teknik analisis data dalam menganalisis data diperoleh dengan
menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari tiga langkah analisis data yaitu
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran
tiga dimensi dalam proses pembelajaran fiqih kelas XI di SMA Muhammadiyah 1
Klaten Tahun pelajaran 2016/2017 sebagai berikut proses pembelajaran di dalam
kelas guru menggunakan media yang ada di dalam kelas seperti LCD dan papan
tulis, sedangkan dalam praktik menggunakan media tiga dimensi yaitu boneka,
kain kafan, perlengkapan memandikan dan tempat pemakaman. Di samping itu
juga menggunakan beberapa metode dalam pembelajaran itu yaitu dengan metode
ceramah, Tanya jawab dan demonstrasi. Proses penggunaan media tiga dimensi
dimulai dari guru menjelaskan materi, kemudian dilanjutkan dengan praktik.
Media tiga dimensi tidak hanya digunakan dalam materi jenazah tapi juga materi
lainnya yang sifatnya praktik seperti haji dan zakat. Dalam pelaksanaan
pembelajaran fiqih terdapat faktor pendukung diantaranya adanya guru fiqih yang
paham tentang media dengan baik, tersedianya media dan sarana lainnya yang
cukup lengkap dan faktor penghambat yaitu minimnya waktu pembelajaran fiqih
dalam praktik sehingga harus menggunakan jam pelajaran guru lain.