Institusion
IAIN Surakarta
Author
Arif Nur, Hidayat
H., Shofwan Anwar Abdul Rauf, M.A.
Subject
372 Elementary education
Datestamp
2018-03-14 01:40:47
Abstract :
Masalah penelitian ini adalah dalam rencana pelaksanaan pembelajaran
Tahfidz Al Qur‟an yang dipakai oleh guru belum sepenuhnya dioptimalkan, guru
belum dapat mengoptimalkan pembelajaran Tahfidz Al Qur‟an, dan pengelolaan
pembelajaran yang kurang efektif dikarenakan masih adanya guru yang tidak
membuat target mingguan, masih banyaknya siswa yang belum mencapai target
hafalan yang ditentukan oleh guru dan koordinator pembelajaran tahfidz Al
Qur‟an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan manajemen
pemelajaran Tahfidz Al Qur‟an di STTD Tabarok Surakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dilakukan di
STTD Tabarok Surakarta pada bulan Mei sampai dengan Agustus 2017. Subyek
penelitian ini adalah guru tahfidz Al Qur‟an kelas juz 30 1C di dukun informan
yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, coordinator tahfidz Al Qur‟an di STTD
Tabarok Surakarta data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diperiksa dengan triangulasi sumber
data dan triangulasi metode, selanjutnya di analisis dengan model interaktif
dengan tiga tahapan yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam perencanaan pembelajaran
Tahfidz Al Qur‟an kelas juz 30 1C di STTD Tabarok Surakarta tahun ajaran
2017/2018, Guru tahfid Al Qur‟an hanya membuat target mingguan yang di
tuliskan di dalam buku ziyadah tahfidz, sedangkan rincian dari langkah-langkah
pembelajaran dalam bentuk RPP yang di buat pada awal semester yang di
gunakan untuk satu semester. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru
menggunakan metode Dzikroni sebagai nada dan metode talaqqi. Dalam
pemanfaatan media guru belum bisa memaksimalkan media. Sedangkan evaluasi
dilakukan guru tahfidz Al Qur‟an dengan cara setoran mingguan, setoran mid
semester dan setoran semesteran.