Institusion
IAIN Surakarta
Author
Dina, Hayuwati
Dr., Fetty Ernawati, S. Psi, M.Pd
Subject
2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
Datestamp
2018-03-14 01:41:10
Abstract :
xi
Setiap siswa mempunyai cara-cara tersendiri untuk menghafal al-Quran.
Realitanya ada sebagian siswa yang kesulitan berkonsentrasi dalam menghafal al-
Quran, padahal telah menggunakan gaya belajar yang berbeda-beda ketika belajar.
Melihat bahwa gaya belajar siswa merupakan salah satu faktor yang
mempengaruhi konsentrasi menghafal al-Quran. Maka, penelitian ini bertujuan
untuk: (1) Mengetahui adanya hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar
visual dengan konsentrasi menghafal al-Quran pada siswa yang mengikuti
Tahfidz al-Quran di SMA Muhammadiyah 1 Klaten tahun pelajaran 2017/2018.
(2) Mengetahui adanya hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar
auditori dengan konsentrasi menghafal al-Quran pada siswa yang mengikuti
Tahfidz al-Quran di SMA Muhammadiyah 1 Klaten tahun pelajaran 2017/2018.
(3) Mengetahui adanya hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar
kinestetik dengan konsentrasi menghafal al-Quran pada siswa yang mengikuti
Tahfidz al-Quran di SMA Muhammadiyah 1 Klaten tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi
dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Muhammadiyah 1 Klaten kelas
Tahfidz yang mengikuti kegiatan Tahfidz al-Quran tahun pelajaran 2017/2018
yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk
menguji hipotesis adalah teknik korelasi Spearman Rank dan uji t dengan
menggunakan variabel gaya belajar (X) sebagai variabel bebas dan variabel
konsentrasi menghafal al-Quran (Y) sebagai variabel terikat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada hubungan antara
gaya belajar visual dengan konsentrasi menghafal al-Quran pada siswa yang
mengikuti Tahfidz al-Quran di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Berdasarkan
perhitungan t hitung (-0,4638) < t tabel (2,021). Hal ini berarti semakin tinggi
penggunaan gaya belajar visual, maka tidak mempengaruhi tingginya konsentrasi
menghafal al-Quran siswa. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara gaya belajar auditori dengan konsentrasi menghafal al-Quran pada siswa
yang mengikuti Tahfidz al-Quran di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Berdasarkan
perhitungan t hitung (6,928) > t tabel (2,021). Hal ini berarti semakin tinggi
penggunaan gaya belajar auditori, maka semakin tinggi konsentrasi menghafal al-
Quran siswa. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya
belajar kinestetik dengan konsentrasi menghafal al-Quran pada siswa yang
mengikuti Tahfidz al-Quran di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Berdasarkan
perhitungan t hitung (6,928) > t tabel (2,021). Hal ini berarti semakin tinggi
penggunaan gaya belajar kinestetik, maka semakin tinggi konsentrasi menghafal
al-Quran siswa.