Institusion
IAIN Surakarta
Author
Fitri Febri, Rustiani
Drs., Suluri, M. Pd
Subject
2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
Datestamp
2018-03-14 01:41:34
Abstract :
Pada zaman sekarang ini masih banyak guru yang menerapkan metode
pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran hafalan qur‟an yang masih kurang
menarik bagi siswa-siswinya. Melihat generasi sekarang ini banyak yang belum
bisa dan masih kesulitan dalam menghafal Al-Qur‟an secara baik dan benar
menurut tajwidnya sehingga diperlukan metode dan teknik belajar mengfalan
Al-Qur‟an yang praktis, efektif dan efisien serta dapat menghantarkan anak
belajar menghafal Al-Qur‟an dengan baik dan benar. Maka dalam penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode Kauny Quantum Memory Dan
Murattal Irama Qur’an dalam pembelajaran hafalan qur‟an di lembaga B-Qur‟an
Sragen tahun 2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dilaksanakan
di Lembaga B.Qur‟an Sragen. Subyek penelitianya adalah ustadzah dan
siswa-siswi kelas 1 program tahfidz, informanya adalah semua narasumber yaitu
ketua yayasan dan Semua siswa-siswi kelas 1 program tahfidz. Pengumpulan data
dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk
mengetahui keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan data,
sedangkan teknik analisis data interaktif dilakukan dengan langkah-langkah
pengumpulan data, reduksi data, kemudian penyajian dan penarikan kesimpulan.
Setelah melakukan penelitian mengenai pembelajaran menghafal al-qur‟an
dengan metode Kauny Quantum Memory Dan Murattal Irama Qur’an di lembaga
B.Qur‟an Sragen diperoleh suatu kesimpulan bahwa dalam proses pelaksanaan
pembelajaran menghafal dengan metode KQM dan MURI-Q melalui 3 tahapan
yaitu muraja‟ah hafalan sebelumnya, proses pembelajaran menghafal al-Qur‟an
dengan metode KQM dan MURI-Q baru kemudian evaluasi. Metode KQM
pelaksanaanya yaitu murid dan ustadz menyiapkan al-qur‟annya masing-masing
kemudian ustadz memberikan hafalan disertai dengan gerakan untuk menghafal arti
dari ayat yang dihafal. Kegiatan tersebut dilakukan berulang-ulang sampai murid
hafal. Untuk evaluasinya, setiap hari sebelum jam pelajaran dimulai murid-murid
melakukan muraja‟ah secara bersama-sama satu kelas. Sedangkan metode MURI-Q
pelaksanaanya yaitu murid dan ustadz menyiapkan buku MURI-Q masing-masing
kemudian ustadz memberikan hafalan dengan irama sesuai kunci nada dan bacaan
secara baik dan benar kemudian diikuti oleh murid-muridnya.