Institusion
IAIN Surakarta
Author
Sari, Fatimah
Dr., Fauzi Muharom, M. Ag.
Subject
2x0 Islam Umum
Datestamp
2018-03-14 01:41:53
Abstract :
Peningkatan Mutu Pendidikan Islam merupakan salah satu keharusan
lembaga pendidikan melakukan perubahan dan pengembangan agar bisa
menjawab dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk itu diperlukan seorang
pemimpin yang mampu membawa perubahan dalam dunia pendidikan serta terus
mengembangkan inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan lembega
pendidikan. Salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah
mengungkap strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu
pendidikan Islam di SMP IT Smart Cendikia Karanganom, Klaten.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif. Penelitian ini dilakukan dari bulan September 2017- Februari 2018 di
SMP IT Smart Cendekia Karanganom, Klaten. Subjek dalam penelitian Kepala
sekolah, sedangkan informan dalam penelitian ini adalah Guru, Waka, dan siswa
di SMP IT Smart Cendikia. Data dikumpulkan dengan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dieriksa dengan
triangulasi sumber data dan triangulasi metode, selanjutnya dianalisis dengan
model interaktif dengan tiga tahapan yaitu melalui reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi Kepemimpinan Kepala
Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di SMPI IT Smart Cendekia
Karanganom, Klaten dapat dilihat melalui indikator mutu pendidikan yaitu input,
proses dan Output. 1) Strategi kepemimpinaan kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu input pendidikan melalui: rekrutmen dan penyeleksian tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan, seleksi PPDB melalui test dan wawancara,
membuat perencanaan program pengembangan pendidikan Islam dan pembuatan
SKL 2) Strategi kepemimpinaan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu
proses pendidikan melalui: melakukan supervisi terhadap kegiatan KBM dan
administrasi pendidikan, memberikan motivasi dengan cara mengingatkan
komitmen awal, dan mengajak sharing dan memberi pemahaman kepada anggota
yang belum yakin akan amanah yang diberikan, Pembinaan SDM yang meliputi
pembinaan skill melalui pelatihan dan workshop, pembinaan keislaman, program
peer teaching, menjaga komunikasi serta pengkaryaan SDM dalam berbagai
kegiatan sekolah. 3) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu output
Pendidikan melalui: bimbingan belajar untuk siswa, program tahsin dan tahfidz,
kajian kitab, training muhadarah, pembiasaan adab Islami, mentoring agama
Islam.