Institusion
IAIN Surakarta
Author
Lestari, Setyowati
Dr., Fauzi Muharom, M. Ag.
Subject
370 Education
Datestamp
2018-03-14 01:42:13
Abstract :
Dalam upaya meningkatkan mutu madrasah, kepala madrasah harus
menciptakan sebuah visi yang mendorong staf dan semua komponen individu yang
terkait dengan madrasah untuk bersama-sama berkoordinasi untuk mencapai tujuan
dan kemajuan madrasah. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kepemimpinan transformatif kepala MTs Nahdlotul Muslimat Kauman Surakarta
khusunya dalam mutu madrasah. Untuk meningkatkan kualitas madrasah maka lembaga
harus bisa memberikan kontribusi signifikan dalam dunia pendidikan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Tempat
penelitian dilaksanakan di MTs Nahdlotu Muslimat Kauman Surakarta dari bulan Juli dan
berakhir September 2017. Subyek penelitian adalah kepala Madrasah dan informan
dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, TU, guru dan orangtua siswa. Teknik
pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan yang dipakai trianggulasi sumber.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan model interaktif meliputi:
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah
melakukan analisa data peneliti dapat menyimpulkan bahwa kepala madrasah di MTs
Nahdlotul Muslimat Kauman Surakarta adalah pemimpin yang transformasional,
indikatornya adalah mutu yang dicapai madrasah saat ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kepemimpinan Transformatif yang
dapat dilakukan kepala madrasah sebagai berikut: 1. Memberikan pengaruh yang kuat
hal ini terlihat ketika rapat secara formal maupun informal, 2. Memotivasi guru dan
karyawan dalam menjalankan tugasnya hal ini terlihat dari kepalv madrasah berupaya
meningkatkan kualitas tenaga pendidikan/guru untuk seminar, pelatihan maupun
workshop, 3. Melengkapi segala perlengkapan madrasah, kepala madrasah berupaya
menjalin komunikasi dengan tata usaha untuk selalu menyediakan kelengkapvn belajar
mengajar 4. Kerjasama yang baik dengan guru dan karyawan, kepala madrasah
menjalin komunikasi dengan guru dan staf diruang kantor dan berpartisipasi ketika ada
yang terkena musibah 5. meningkatkan mutu dan pengetahuan bagi guru dan karyawan
hal ini seperti mengikut sertakan guru pelatihan dan untuk melanjutkan pendidikan
sehingga kepala madrasah dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan fungsinya.
Quality In an effort to improve the quality of madrasah, the head of the
madrasah should create a vision that encourages staff and all individual components
associated with madrasah to jointly coordinate to achieve the goals and progress of the
madrasah. In this study aims to find out the transformative leadership of MTs Nahdlotul
Muslimat Kauman Surakarta especially in madrasah quality. To improve the quality of
madrasah, the institution must be able to make a significant contribution in education.
The method used in this research is descriptive qualitative. The place of research
was conducted at MTs Nahdlotu Muslimat Kauman Surakarta from July and ending
September 2017. The research subjects are head of Madrasah and informant in this
research is waka curriculum, TU, teacher and parents. Data collection techniques used
are observation, interview and documentation. While the technique of data validity
used that used source triangulation. The data collected were analyzed by using
interactive model including: data collection, data reduction, data presentation and
conclusion. After analyzing the data, the researcher can conclude that the head of
madrasah in MTs Nahdlotul Muslimat Kauman Surakarta is transformational leader, the
indicator is the quality of the current madrasah.
The results show that in leadership Transformatif that can be done by head of madrasah
as follows: 1. Give strong influence, this happened during formal and informal meeting
2. Motivating teacher and employee in performing its duties such as include teacher and
staff for training, workshop, seminar , 3. complete all madrasah equipment, head of
madrasah cooperate with business effort to prepare instructional needs 4. Good
cooperation with teachers and employees, headmaster coordinate with teacher and
staff for all activities 5. improve quality and knowledge for teachers and employees by
giving opportunity to continue education so that the head of madrasah can perform its
duties in accordance with its function.