Institusion
IAIN Surakarta
Author
Dwi, Darmanto
Drs., Sukirman, M.Ag
Dr., Baidi, M.Pd
Subject
370 Education
Datestamp
2017-05-29 07:28:07
Abstract :
ABSTRAK
Dwi Darmanto, (26.09.3.1.069). Manajemen Tenaga Pendidik Di Madrasah
Diniyah (Madin) Al Istiqomah Pucangan Kartasura. Skripsi: Jurusan Pendidikan
Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta, Juli 2016
Pembimbing 1 : Drs. Sukirman, M.Ag
2 : Dr. Baidi, M.Pd
Kata Kunci : Manajemen Tenaga Pendidik Madrasah Diniyah.
Banyak sekali Madrasah Diniyah yang di kelola alakadarnya, terutama
dalam pengelolaan tenaga pendidik dalam lembaga tersebut, sehingga banyak
Madrasah Diniyah yang mati. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh
informasi mengenai Manajemen Tenaga Pendidik di Madrasah Diniyah Al
Istiqomah Pucangan Kartasura.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian terdiri atas 3 (tiga) orang informan yang ditetapkan berdasarkan
pertimbangan bahwa pihak-pihak yang bersangkutan merupakan sumber yang
paling mengetahui tentang kondisi manajemen pendidik di Madin Al Istiqomah.
Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madin Al Istiqomah, sekertaris
Madin dan seorang pendidik Madin Al Istiqomah. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam,Observasi dan analisis
dokumen Dalam teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data
untuk mengecek balik derajat kepercayaan dari informasi yang diperoleh. Teknik
analisis yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1)
Belunm adanya perecanaan sistematis, terkait perencanaan tenaga pendidik. (2)
Perekrutan dan penempatan pendidik di Madin Al Istiqomah dilaksanakan dengan
sistem kekeluargaan serta bersifat informal. Pengelola hanya melakukan
musyawarah untuk menentukan individu-individu yang layak untuk direkrut
menjadi pendidik tanpa menyelenggarakan ujian-ujian tertentu bagi calon
pendidik. (3) Tujuan utama dari pemberian kompensasi bagi pendidik di Madin Al
Istiqomah bukanlah untuk menarik pegawai yang berkualitas, memotivasi kinerja
maupun membangun komitmen, melainkan sebagai salah satu wujud penghargaan
dan ucapan terima kasih dari pihak pengelola kepada para pendidik. (4) Proses
pembinaan pendidik di Madin Al Istiqomah belum maksimal dilaksanakan karena
belum dilaksanakan secara sistematis, seperti melakukan identifikasi terhadap
kesulitan serta masalah-masalah yang dialami oleh pendidik. (5) Pengelola Madin
Al Istiqomah tidak menetapkan aturan baku mengenai pelepasan atau
pemberhentian pendidik, seperti kriteria pendidik yang harus dilepas atau
diberhentikan, pemberhentian pendidik hanya dilakukan apabila pendidik yang
bersangkutan mengajukan pengunduran diri. (6) Penilaian kinerja pendidik
didasarkan pada hasil nilai semester peserta didik, belum ada sistem penilaian
secara ter struktur dengan adanya cekchlist atau angket.
Keywords: Management Diniyah Madrasah Educators.
Lots Madrasah alakadarnya Diniyah in governance, especially in the
management of educators in the institution, so many Madrasah Diniyah dead. This
study aimed to obtain information on the Management of Teachers in Madrasah
Al Istiqomah Pucangan Diniyah Kartasura.
The approach in this study is qualitative descriptive. Subject of the study
consisted of three (3) informant assigned based on the consideration that the
parties concerned is the best source to know about the conditions of management
educators in Madin Al Istiqomah. Informants in this study is the head of Al
Istiqomah Madin, a secretary and an educator Madin Madin Al Istiqomah. Data
collection techniques in this study are in-depth interviews, observation and
document analysis, the technique authenticity of data researchers used data
triangulation to check to return the degree of confidence of the information
obtained. The analysis technique used is the technique of interactive analysis of
data reduction, data presentation and conclusion.
Based on the research results can be summarized as follows. (1) Belunm
their systematic site planning, related to planning educators. (2) Recruitment and
placement of teachers in Madin Al Istiqomah implemented with the family system
and informal. Business only conduct deliberations to determine which individuals
are eligible to become educators recruited without conducting specific tests for
prospective educators. (3) The main purpose of providing compensation for
educators in Madin Al Istiqomah not to attract qualified, motivated performance
and build commitment, but rather as a form of appreciation and thanks from the
manager to educators. (4) The process of formation of educators in Madin Al
Istiqomah not maximized implemented because it has not implemented
systematically, such as identifying the difficulties and the problems experienced
by educators. (5) business Madin Al Istiqomah not set a fixed rule regarding
discharge or dismissal of teachers, as educators criteria that must be removed or
dismissed, educa