Institusion
IAIN Surakarta
Author
Dwi, Haryanto
Suyatman,, S.Pd, M.Pd.
Subject
370 Education
Datestamp
2017-07-11 02:52:01
Abstract :
Kata Kunci : Kemampuan Membaca Alqur’an, Metode An-Nahdliyah
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah kemampuan
membaca Alqur’an siswa SDN 2 Selo yang masih sangat rendah karena
penggunaan metode lama yang dirasa kurang efektif. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah Metode An-Nahdliyah dapat meningkatkan
Kemampuan Membaca Alqur’an siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di
SDN 2 Selo pada bulan Juli-Agustus 2016. Subyek penelitian yang melakukan
tindakan adalah Guru Pendidikan Agama Islam dan subyek penelitian yang
dikenai tindakan adalah siswa kelas V SDN 2 Selo. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah tes lesan, dokumentasi dan observasi. Indikator kinerja
dalam penelitian ini adalah 70% siswa dapat membaca Alqur’an dengan baik.
sedangkan prosedur dalam penelitian ini adalah tiap siklus terdiri dari Planning,
Acting, Observasing dan Reflecting.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode An-Nahdliyah dapat
meningkatkan kemampuan membaca Alqur’an siswa kelas V SDN 2 Selo Tahun
Ajaran 2016/2017.