Institusion
IAIN Surakarta
Author
Himawan, Puput Raharjo
Yayan, Andrian, S.Ag., M.Ed.Mgmt
Subject
370 Education
Datestamp
2017-07-18 07:57:48
Abstract :
Kata Kunci : Guru PAI, Kedisiplinan, Siswa
Masalah dalam penelitian ini adalah strategi guru pendidikan agama Islam
dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Muhammadiyah 5 Karanganyar
yang dilihat dari strateginya meliputi memberikan pujian bagi siswa yang disiplin,
sosialisasi kedisiplinan, pembinaan secara halus, memberikan hukuman bagi
siswa yang tidak disiplin berupa menulis surat pernyataan sebanyak seratus kali,
pembuatan jadwal tabel sholat, memberikan contoh berpenampilan yang rapi,
memeriksa kelengkapan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui Strategi yang digunakan Guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa SMA Muhammadiyah 5 Karanganyar terutama
kelas XI IPS 1.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 5 Karanganyar pada
bulan Oktober 2016-januari 2017. Subjek penelitian adalah guru PAI. Sedangkan
informannya adalah kepala sekolah, teman sejawat guru, siswa kelas XI IPS 1.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan
dokumentasi. Data yang terkumpul dilihat keabsahannya dengan teknik triangulasi
data dan triangulasi sumber. Kemudian dianalisis menggunakan analisis model
interaksi dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.