DETAIL DOCUMENT
TA: KAJIAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN BUS TRANS METRO BANDUNG MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING – PARTIAL LEAST SQUARE
Total View This Week28
Institusion
Institut Teknologi Nasional Bandung
Author
Parantina, Made Devina
Subject
 
Datestamp
2019-10-15 01:47:07 
Abstract :
Sarana angkutan umum massal yang beroperasi di Kota Bandung salah satunya adalah Bus Trans Metro Bandung (TMB) koridor 3 rute Cicaheum-Sarijadi. Pelayanan Bus TMB tersebut harus memenuhi kepuasan penggunanya, tetapi saat ini kepuasan pengguna Bus TMB dirasa kurang khususnya dalam hal kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan penggunanya menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil analisis yang telah dilakukan adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu waktu kedatangan bus, kebersihan interior, tempat duduk, dan jendela bus, keramahan dan kesopanan petugas dalam memberikan pelayanan, transaksi yang dilayani atau dilaksanakan dengan cepat dan tepat, dan kepedulian petugas untuk mengingatkan penumpang yang akan turun. Berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen tersebut, dimensi yang signifikan terhadap kepuasan konsumen adalah reliability. Kata kunci: Kepuasan Konsumen, Metode SEM-PLS, Reliability 
Institution Info

Institut Teknologi Nasional Bandung