DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QR CODE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS V SD NEGERI 2 DERMAJI TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
CAHYOKO, Wahyu
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2022-09-21 04:16:12 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar dan kemandirian siswa yang disebabkan penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran QR Code terhadap hasil belajar dan kemandirian siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A SD Negeri 2 Dermaji. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran QR Code terhadap hasil belajar dan kemandirian siswa kelas V SD Negeri 2 Dermaji Tahun Pelajaran 2020/2021, sehingga hipotesis penelitian ini diterima. Adapun pengaruh yang ditimbulkan media pembelajaran QR Code terhadap hasil belajar adalah sebesar 54,80%, sedangkan 45,20% sisanya dipengaruhi variabel lain. Sementara itu, pengaruh yang ditimbulkan media pembelajaran QR Code terhadap kemandirian adalah sebesar 70,80%, sedangkan 29,20% sisanya dipengaruhi variabel lain. 
Institution Info

Universitas Peradaban