DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA KELAS V DI SD NEGERI JERUKLEGI WETAN 03 TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Ningrum, Winda Bakti Setia (NIDN.40215034)
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2019-11-25 03:34:47 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang mampunya siswa menggunakan ejaan bahasa dalam menulis cerita dan model yang diterapkan belum maksimal serta membosankan. Penelitian ini dirumuskan, pembelajaran dengan menggunakan model concept sentence dapat mencapai ketuntasan KKM dan apakah ada pengaruh model concept sentence terhadap keterampilan menulis cerita. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan model concept sentence dapat mencapai ketuntasan KKM dan terdapat pengaruh model concept sentence terhadap keterampilan menulis cerita. Pengambilan sampel menggunakan semua siswa kelas V. Populasinya berjumlah dua kelas yang terdiri dari kelas VA dan VB. Metode penelitian yang dilakukan yaitu eksperimen dengan Posttest-Only Control Design. Teknik analisis data menggunakan analisis uji ketuntasan KKM dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji ketuntasan individual thitung = 7,548 ? 1,720 = ttabel. Uji Ketuntasan Klasikal Z = 1,228 ? - 0,45 = -Z0,45. Persamaan regresi linear yang diperoleh yaitu -5,105 + 0,079X tabel coefficients diperoleh nilai thitung sebesar 10,516, diperoleh ttabel = 1,724, karena thitung > ttabel , jadi dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh signifikansi terdapat pengaruh model concept sentence terhadap keterampilan menulis cerita dan sebaiknya untuk meningkatkan keterampilan dan aktivitas siswa dalam pembelajaran dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai. 
Institution Info

Universitas Peradaban