DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V DI SD NEGERI KALINUSU 03 TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
FITRIYANI, Nazilatul
Subject
Hasil Belajar, Prestasi Siswa 
Datestamp
2022-08-22 03:57:22 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri Kalinusu 03 dengan nilai rata-rata nilai 55 di bawah nilai ketuntasan maksimal pembelajaran IPA yaitu 65. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar Tematik Siswa Kelas V di SD Negeri kalinusu 03 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan bentuk Pre Exsperimental Design menggunakan One Group Pretest Posttest. Teknik sampel yang digunakan sampling jenuh, dengan jumlah sampel sebanyak 20 siswa responden. Teknik pengumpulan data menggunakan test, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar Tematik Siswa Kelas V di SD Negeri kalinusu 03 Besarnya pengaruh yaitu 78,6% menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. disimpulkan, penerapan model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban