DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENCAPAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GENDER DAN GAYA BELAJAR (STUDI KASUS DI SD NEGERI BUMIAYU 01)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
OCTAVIANA, Nia Aulia
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2022-09-08 05:51:08 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian HOTS pada pembelajaran matematika tahap menganalisis (C4) ditinjau dari gender dan gaya belajar siswa kelas V di SD Negeri Bumiayu 01. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pencapaian HOTS siswa laki-laki secara rata-rata lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan. Hasil pencapaian antara keduanya tidak terlalu signifikan. Kedua, cara pandang dan analisis yang dilakukan siswa laki-laki dan siswa perempuan berbeda hal ini yang memunculkan terdapat keragaman pandangan tentang kemampuan berpikir tingkat tinggi. Ketiga, pencapaian HOTS siswa pada tahap menganalisis (C4) termasuk dalam kategori cukup. Keempat, gaya belajar yang ada di SD Negeri Bumiayu 01 seperti gaya belajar visual, auditori, kinestetik dan visual auditori. Kelima, gaya belajar dominan siswa laki-laki pada gaya belajar visual dan siswa perempuan pada gaya belajar visual auditori. Keenam, pencapaian HOTS tertinggi pada gaya belajar visual auditori. 
Institution Info

Universitas Peradaban