Abstract :
Pengujian kendaraan bermotor merupakan salah satu sektor pelayanan publik
yang berperan penting dalam menunjang kelancaran mobilitas masyarakat untuk
beraktivitas di sektor-sektor lain. Penciptaan kualitas pelayanan yang lebih baik
merupakan tujuan yang seharusnya dapat ditampilkan suatu organisasi publik atau
institusi pemerintah kepada masyarakat sebagai pelanggannya. Peningkatan
pelayanan publik tersebut perlu ditingkatkan dalam pemenuhan kebutuhan
masyarakat seiring dengan tuntutan zaman yang selalu mengalami kemajuan serta
dengan meningkatnya gaya hidup masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengevalusi pelayanan yang ada di Seksi Pengujian Kendaraan Bermotor
Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul.
Penelitian ini dilakukan menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan metode
kualitatif dengan memanfaatkan data primer dan sekunder yang diperoleh melalui
wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah
pemeriksaan administrasi dan pemeriksaan laik jalan kendaraan bermotor yang
tidak sesuai dengan PM 133 tahun 2015 tentang Pengujian Berkala Kendaraan
Bermotor dan waktu yang tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur,
kurangnya tenaga penguji, dan kelengkapan sarana dan prasarana kurang
memadai, kemudahan dalam metode pendaftaran dan pembayaran di Seksi
Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul dalam
melakukan proses pengujian kendaraan bermotor.