Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan di UPT
Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Tulungagung Jawa Timur diukur
berdasarkan kepuasan masyarakat menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan
menggunakan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat dengan hasil data dalam
bentuk angka serta teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan
kuesioner. Penelitian dilakukan di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten
Tulungagung pada bulan February sampai April 2020. Responden berjumlah 60
masyarakat di lingkungan UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten
Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan adalah Accidental Sampling
dimana responden dipilih secara kebetulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan di UPT Pengujian
Kendaraan Bermotor Kabupaten Tulungagung sudah baik dengan mendapat nilai
IKM sebesar 83,33 dengan mutu pelayanan berada pada tingkat ?A? (Sangat baik).
Dalam 5 unsur yang telah dibuat semua rata-rata nilai di atas 82,00 yang
memungkin kebanyakan masyarakat merasa nyaman,mudah dan efektif yang
telah dilakukan para penguji dalam proses Uji Berkala dalam sitem pelayanannya.