Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh klakson angin
terhadap hasil daya pengereman pada Truk Hino Series 500. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui salah satu yang perlu diperhatikan dan
diperhitungkan ketika melakukan pengereman agar kecepatan kendaraan dapat
dikurangi atau berhenti dengan aman dan nyaman. Jarak pengereman bisa
dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti sistem rem dan kondisi klakson angin
dapat mempengaruhi efisiensi pengereman.
Metode penelitian yang digunakan ialah metode eksperimen. Penelitian
yang dilakukan penulis adalah membandingan hasil uji efisiensi pengereman pada
kendaraan Truk Hino Series 500 dan kendaraan Bus Hino Tahun 2015 pada alat
uji brake tester.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil
percobaan pengaruh klakson angin terhadap hasil daya pengereman pada
kendaraan Truk Hino Series 500 dengan pembanding yaitu kendaraan Bus Hino.
Hasil daya pengereman kendaraan dengan RPM 1000 dan RPM 2000 yang
dilakukan dengan pengujian rem menggunakan alat uji brake tester pada RPM
1000 dihasilkan rata-rata dibawah ambang batas sedangan pada RPM 2000
dihasilkan rata-rata diatas ambang batas. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada
kendaraan dengan klakson angin berpengaruh pada hasil efisensi pengereman.
Hal itu dapat disebabkan karena penggunaan tabung klakson angin yang
terkoneksi pada tanki rem angin dan semakin rendah hasil daya pengereman dapat
menyebabkan kecelakaan.