Institusion
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
Author
ANGGRIANA, DYAS AMALIA SRIE
Subject
T Technology (General)
Datestamp
2022-11-28 03:54:03
Abstract :
Berdasar pada Rancangan Umum Nasional Keselamatan pilar ke 4 yaitu perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, pemerintah bertanggung jawab untuk meningkatkan perilaku keselamatan pengguna jalan melalui penyuluhan keselamatan ke instansi pendidikan salah satunya taman kanak-kanak. Wabah virus Covid-19 yang masuk ke Indonesia selain mempengaruhi sektor transportasi juga berpengaruh di sektor pendidikan. Salah satu kebijakan yang diambil pemerintah akibat Covid-19 ini adalah belajar dari rumah yang berpengaruh terhadap kampanye keselamatan lalu lintas. Untuk itu dibuatlah media video
animasi yang memiliki fungsi sebagai alat penghibur dan pendidik untuk membantu proses memvisualisasikan cerita yang mudah dipahami dalam rangka memberikan edukasi kepada anak ? anak salah satunya untuk mengajarkan tentang keselamatan berlalu lintas, maka dibuatlah sebuah video animasi pendek ?si ZETA: Mengenal Bagian-Bagian Jalan?. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media video animasi 2D yang dapat mendukung pelaksanaan penyuluhan keselamatan pada anak usia 3-6 tahun serta mengetahui kelayakan video animasi 2D ketika digunakan dalam penyuluhan keselamatan.Metode penelitian menggunakan metode pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation,Evaluations (ADDIE) dan analisis data
menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik penentuan sample
menggunakan sampling jenuh atau sensus karena semua anggota populasi
digunakan sebagai sampel yaitu sejumlah 24 siswa.Hasil penelitian pengembangan dideskripsikan dalam langkah-langkah sistematis
pengembangan video animasi penyuluhan.1) Analysis; (a) analisis tujuan dan
karakteristik bidang studi; (b) analisis metode penyampaian dan kendala bidang
studi; (c) analisis karakteristik anak usia dini. 2) Design; (a) content; (b) naskah;
(c) instrument. 3) Development; (a) pengembangan produk; (b) review ahli; 4)
Implementation; (a) menyiapkan anak dan guru; (b) uji coba pemakaian; 5)
Evaluation. Kelayakan media video animasi penyuluhan yaitu (1) review ahli materi
memperoleh skor 4 (Layak); (2) review ahli media memperoleh skor 3,54 (Layak);
(3) uji coba pemakaian respon pengamatan anak meperoleh skor 4 (Layak); (4)
Uji coba pemakaian respon guru memperoleh skor 4 (Layak); (5) evaluasi
pemahaman siswa dengan hasil a) 17 anak termasuk dalam kategori Berkembang
Sangat Baik; b) 4 anak termasuk dalam kategori Mulai Berkembang; dan b) 3 anak
termasuk dalam kategori Belum Berkembang.
Kata Kunci: penyuluhan keselamatan, perancangan, video animasi, anak usia dini