Abstract :
Jalan Raya Banjaran Adiwerna berada di wilayah pasar dan pertokoan yang
memiliki aktivitas yang ditimbulkan pada jam sibuk menyebabkan kemacetan
dan menurunkan kapasitas jalan. Aktivitas- aktivitas tersebut antara lain adanya
pejalan kaki yang menyeberang jalan, aktivitas kendaraan bermotor dan tidak
bermotor seperti becak dan sepeda yang keluar masuk jalan umum, kendaraan
umum yang menaikkan dan menurunkan penumpang dan barang di sepanjang
ruas jalan raya Banjaran adiwerna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
karakteristik kinerja arus lalu lintas dan pengaruh hambatan samping terhadap
kecepatan kendaraan di ruas Jalan Raya Banjaran Adiwerna.
Penelitian dilakukan selama 4 hari, yaitu pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan
Minggu. Pengambilan data secara langsung dilapangan, untuk volume lalu
lintas, kecepatan kendaraan dan data hambatan samping dibagi per 15 menit.
Selanjutnya dilakukan analisa data yang dibagi dalam dua bagian yaitu volume
lalu lintas, kecepatan, dan kapasitas jalan menggunakan Manual Kapasitas Jalan
Indonesia (MKJI) Tahun 1997.
Hasil perhitungan menggunakan MKJI 1997 diperoleh kapasitas jalan 2843,16
smp/jam, volume jam puncak yang berkisar antara 1.935 sampai 1.973
smp/jam, nilai v/c ratio sebesar 0,69 dan tingkat pelayanan jalan C pada jam
puncak. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, pengaruh hambatan
samping terhadap kecepatan kendaraan adalah 80,7 % dengan model
persamaannya Y = 87,823 ?0,029 X2- 0,053 X7 ? 0,021X9 .faktor hambatan
samping yang berpengaruh secara signifikan terhadap volume kendaraan adalah
penyeberang jalan dan kendaraan tak bermotor.