Abstract :
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dipaparkan
sebelumnya, kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut :
1. Hasil uji validitas dan reliabilitas kuesioner mengenai tingkat kepuasan
terhadap pelayanan moda transportasi ojek online Grab dan Gojek
adalah valid dan reliabel. Sehingga kuesioner dapat digunakan dalam
survei.
2. Pelayanan moda transportasi ojek online Grab dan Gojek dalam
berbagai indikator menunjukkan kategori puas pada setiap pertanyaan
yang diajukan kepada responden.
3. Hasil uji penilaian tingkat kepuasan konsumen terhadap Pelayanan Moda
Transportasi Ojek Online Grab dan Gojek di Kota Tegal, responden yang
menggunakan Grabbike merasa paling puas terhadap faktor kesiapan
driver saat pelanggan membawa barang, sementara responden
pengguna Goride merasa puas terhadap faktor kondisi driver (fit/sehat)
serta faktor tanggung jawab dari drivernya. Faktor inilah yang menjadi
pertimbangan utama responden dalam memilih moda transportasi ojek
online, baik Grab maupun Gojek.
4. Indikator kelengkapan kendaraan dengan diwakili oleh tiga pertanyaan
memperoleh nilai indeks 78,60% yang menunjukkan kategori puas.
5. Indikator kesiapan driver dengan diwakili oleh tiga pertanyaan
memperoleh nilai indeks 79,64% yang menunjukkan kategori puas.
6. Indikator ketanggapan driver dengan diwakili oleh empat pertanyaan
memperoleh nilai indeks 78,90% yang menunjukkan kategori puas.
7. Indikator sikap driver dengan diwakili oleh 7 pertanyaan memperoleh
nilai indeks 80,47% yang menunjukkan kategori sangat puas.
8. Indikator biaya dan kemudahan dengan diwakili oleh 3 pertanyaan
memperoleh nilai indeks 77,37% yang menunjukkan kategori puas