Abstract :
Kapal oil tanker merupakan kapal yang dirancang untuk mengangkut
minyak bumi cair dalam kapasitas yang besar. Proses bongkar muat tanker
memerlukan crane. Hal tersebut mendasari pentingnya uji kekuatan pada struktur
deck crane untuk mengetahui ketahanan dan nilai kekuatan suatu struktur kapal.
Buckling Tiang Mast akibat dari beban yang diterima serta perubahan bentuk pada
deck crane (Deformasi) pada analisis. Berdasarkan analisa kekuatan strukturdeck
crane pada kapal tanker 5800 DWT dengan berbagai variasi beban diperoleh
kesimpulan bahwa tegangan maksimum yang di dapatkan pada saat crane
beroperasi pada beban maksimal yaitu 15 Ton dan mendapatkan nilai sebesar
29,356 Mpa. Sedangkan tegangan minimum terjadi saat crane beroperasi pada
beban 15 Ton sebesar 9,572 Mpa. Area kritis yang terjadi pada masing-masing
variasi beban yang terjadi pada deck crane. Berdasarkan hasil analisa yang telah
didapatkan dari masing-masing variasi beban dimasukkan ke dalam perhitungan
safety factor dengan nilai yang didapat sebesar 80,75N/mm2
dan tegangan yang
diijinkan oleh BKI sebesar 190 Mpa, maka dapat disimpulkan bahwa konstruksi
deck crane masih dalam kategori aman (safety).