Abstract :
Latar belakang: Pandemi covid-19 membuat klinik gigi perlu menaati protokol
kesehatan sehingga pasien merasa nyaman dengan kualitas pelayanan yang di
berikan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di dapatkan data, 50% responden
menyatakan cukup baik, serta tingkat kepuasan pasien didapatkan data 40%
responden menyatakan kurang puas.
Tujuan penelitian: Diketahui adanya hubungan kualitas pelayanan orthodontik
dengan kepuasan pasien di klinik gigi pada masa pandemi covid-19.
Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan
cross sectional, jumlah sampel 38 responden. Variabel penelitian ini adalah kualitas
pelayanan orthodontik cekat dan kepuasan pasien orthodonti cekat. Penelitian
dilakukan bulan Agustus-September 2021. Metode pengumpulan data
menggunakan kuisioner melalui media online (goole form). Analilis data
menggunakan analisisi bivariet, disajikan dalam bentuk tabulasi silang dengan uji
korelasi (kendels tau).
Hasil penelitian: responden berjenis kelamin perempuan sebanyak 24 responden
(63,2%), responden berusia 13-18 tahun sebanyak 25 responden (65,8%),
responden berpendidikan sekolah menengah atas (SMA) sebanyak 26 responden
(68,4%), responden menyatakan kualitas pelayanan cukup baik sebanyak 16
responden (42,1%), selain itu responden menyatakan cukup puas sebanyak 16
responden (42,1%), kualitas pelayanan cukup baik memiliki kepuasan pasien yang
cukup puas sebanyak 10 responden (26,3%) dan hasil uji kendalls tau memiliki nilai
signivikansi sebesar 0,014 dan nilai keofisien korelasi 0,362.
Kesimpulan: Kualitas pelayanan di klinik gigi Max + Dental Care Bumijo
berhubungan kuat dengan kepuasan pasien di masa pandemi covid-19.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan