Abstract :
Penelitian ini di latar belakangi adanya permasalahan yang diliat Oleh
penulis di Sd Muhammadiyah Domban 3 Yaitu Kesulitan belajar
operasi hitung pembagian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
kesulitan dalam proses pembelajaran Matematika mengenai operasi
hitungan pembagian di kelas II SD Muhammadiyah Domban 3.
kesulitan belajar Matematika adalah suatu kondisi di mana siswa tidak
dapat belajar secara wajar dalam bidang akademik khususnya pada mata
pelajaran Matematika sehingga siswa tidak bisa belajar sebagaimana
mestinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah
siswa dan guru kelas III SD Muhammadiyah Domban 3. Teknik dan
instrumen pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan
mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kesulitan belajar yang dialami oleh siswa terdiri dari (1)
kesulitan memahami konsep pembagian, (2) kesulitan membedakan
simbol-simbol, (3) kesulitan dalam penggunaan prosedur, (4) salah
menurunkan angka, (5) salah mendapatkan hasil pembagian, dan (6)
kesalahan penulisan, selain itu faktor internal yang mempengaruhi
adalah (1) kurangnya pemahaman konsep, dan (2) perhatian siswa
rendah dalam pembelajaran. Sedangkan faktor eksternal adalah (1)
faktor keluarga yang kurang perhatian dan sibuk kerja, dan (2)
lingkungan sekitar rumah dimana siswa lebih banyak bermain game
online dari pada belajar.