Abstract :
Pembelajaran matematika seringkali dihadapkan dengan materi yang
bersifat abstrak dan di luar pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Media pembelajaran yang menarik dapat membantu proses pembelajaran
dengan efektif. Dapat mempermudah siswa dalam belajar matematika melalui
media pembelajaran powtoon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kualitas dan kelayakan dari media pembelajaran powtoon dari ahli media, ahli
materi, ahli pembelajaran, guru, dan siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development
(R&D) mengacu pada model Borg and Gall yakni potensi masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba
produk, dan revisi produk. Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa
observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini
menggunakan kuantitatif kualitatif.
Hasil pengembangan berupa media pembelajaran powtoon materi
keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Media
pembelajaran powtoon tervalidasi oleh ahli media dengan nilai 91,7, ahli materi
dengan nilai 90, dan ahli pembelajaran dengan nilai 82,5. Uji coba lapangan
dilakukan di SD Negeri Purwodadi melalui respon guru yang diperoleh 92,5
sedangkan respon siswa diperoleh nilai rata-rata 93. Hal tersebut menunjukkan
dalam proses pembelajaran powtoon sangat layak untuk digunakan dalam
proses pembelajaran dengan kategori sangat baik.