Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Rizky Nur Risam, Muhammad
Subject
BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Datestamp
2024-12-04 06:22:35
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan guru PAI dalam
menerapkan strategi pembelajaran PAI di sekolah inklusi serta guru PAI kesulitan
dalam pengkondisian kelas di sekolah inklusi. Tujuan penelitian yang pertama
untuk mengetahui strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru PAI pada
siswa tunagrahita di SDN Gadingan Wates, yang kedua untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat implementasi strategi pembelajaran PAI pada siswa
tunagrahita di SDN Gadingan Wates. .
Penelitian ini merupakan bentuk penelitian lapangan (field research)
dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian
ini ditelusuri menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini mengunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian
data, dan membuat kesimpulan. Teknik uji keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teori.
Hasil penelitian ini menunjukkan pertama bahwa strategi pembelajaran
PAI yang diterapkan oleh guru PAI bagi siswa tunagrahita yani strategi
pembelajaran langsung, strategi pembelajaran kooperatif dengan model diskusi,
presentasi, metode ceramah, metode bernyanyi, joyful learning, serta melakukan
pendekatan personal bagi siswa tunagrahita. Kedua faktor pendukung di dalam
guru menerapkan strategi pembelajaran yakni karena adanya media pembelajaran
yang memadahi seperti buku bahan ajar, dan peralatan olahraga anak (POA), serta
adanya guru pendamping khusus. Sementara itu faktor penghambatnya seperti
kesulitannya siswa tunagrahita dalam kemampuan membaca, serta sulitnya guru
dalam mengkondisikan kelas saat proses pembelajaran